MAPEL :BAHASA INDONESIA
|
MATERI : Keselamatan
|
|
KELAS/ SMT :5/I
HARI/TGL : …………,
ULANGAN KE :2
|
STANDAR KOMP : Mendengarkan Memahami
penjelasan narasumber dan cerita rakyat secara lisan
Berbicara Mengungkapkan pikiran, pendapat, perasaan, fakta secara lisan dengan menanggapi suatu
persoalan, menceritakan hasil pengamatan, atau
berwawancara
Membaca Memahami
teks dengan membaca teks percakapan, membaca cepat 75 kata/menit, dan membaca
puisi
Menulis Mengungkapkan
pikiran, perasaan, informasi, dan pengalaman secara tertulis dalam bentuk karangan, surat undangan, dan dialog tertulis
|
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator/Tujuan
Pembelajaran
|
|
1.2.Mengidentifikasi unsur cerita tentang rakyat yang didengarnya
3.2 Menemukan gagasan utama suatu teks yang dibaca dengan kecepatan 75
kata per menit
4.2. Menulis surat undangan (ulang tahun, acara agama, kegiatan
sekolah, kenaikan kelas, dll) dengan kalimat efektif dan memperhatikan
penggunaan ejaan
|
-
Mendaftar
nama-nama tokoh dalam cerita dan menulis watak tokoh cerita rakyat
-
Mengidentifikasi
nama tokoh dalam cerita yang didengar
-
Menulis
watak tokoh cerita rakyat yang didengar
-
Membaca
teks dengan kecepatan 75 kata/ menit dengan benar
-
Menyebutkan
gagasan utama dari teks yang dibaca
-
Menyusun
surat undangan ulang tahun, acara agama, kegiatan sekolah sesuai dengan
kaidah
|
|
A. Pilihan Ganda
Ayo, pilihlah jawaban yang paling tepat!
Kerjakan di buku Ulanganmu!
1.
Tokoh utama
cerita rakyat di atas adalah . . . .
a. si Bungsu c. si Sulung
b. Ular n’Daung d. ibu
2.
Latar cerita
dongeng diatas adalah.....
a. dIhutan yang angker
b.
dilereng gunung api
c.
di puncak gunung api
d.
di pinggir kawah api
3.
Membaca
cepat berarti .... bacaan secara cepat.
a. memahami.
b. mengeja
c. membaca
d. mencatat
4.
Berikiut hal
hal yang harus di hindari saat membaca cepat .....
a.
bersuara
b.
mengeja kata
c.
mengulang kata yang salah dibaca
d. mata bergerak kekiri dan kekanan mengikuti
tulisan
5.
Berikut ini
yang bukan termasuk ke dalam surat undangan ialah ...
a. undangan syukuran
b. undangan pernikahan
c. undangan ulang tahun
d. undangan rapat wali murid
B. Ayo, isilah titik-titik di
bawah ini!
1.
Cerita yang
tumbuh dan berkembang di suatu daerah atau masyarakat tertentu di sebut.....
2.
Nilai-nilai
luhur yang ingin disampaikan pengarang melalui cerita disebut ....
3.
Jangan kau
(pungut) kacang yang telah jatuh di tanah!
Akhiran yang tepat untuk kata dalam kurung
adalah ....
4.
Pengalaman adalah guru terbaik.
Makna kata terbaik dalam
kalimat di atas adalah ....
5.
Ide yang menjadi dasar penulisan suatu
paragraf di sebut.....
6.
Hutan itu tinggal tersisa tonggak-tonggak kayu
yang berwarna hitam. Api kecil masih terlihat mengepulkan asap.
Pernyataan tersebut menyatakan
peristiwa ... .
7.
Tempat
terjadinya cerita disebut....
8.
Surat
undangan arisan dan surat undangan ulang tahun disebut ......
9.
Bahasa yang di pergunakan dalam penulisan
surat pribadi ialah bahasa ...
10.
Surat pribadi merupakan surat yang bersifat
.....
C.
Ayo, jawablah dengan uraian singkat!
1.
Perhatikan paragraf
berikut!
Desa Makmur, merupakan
desa yang aman dan tenteram. Di Desa Makmur jarang terjadi pencurian. Di Desa
Makmur ada Hansip yang bertugas menjaga keamanan lingkungan. Meskipun sudah ada
Hansip, semua warga juga turut serta dalam menjaga keamanan lingkungan. Setiap
hari, warga melakukan ronda malam secara bergiliran.
a. apa judul yang
tepat untuk paragraf di atas ?( nilai 2)
b. mengapa di Desa
Makmur jarang terjadi pencurian? (nilai
2)
c. selain hansip
siapakah yang menjaga desa makmur ? (nilai 2 )
2.
Gabungkanlah
kalimat-kalimat berikut menjadi kalimat majemuk setara! (Setiap item nilai 2)
a. Luna berteriak
histeris
Adin menangkap sigap kucing kecil itu.
b. Banjir telah
mencapai ketinggian setengah meter.
Orang-orang belum mau mengungsi.
3.
Bacalah undangan
berikut dengn teliti
U N D A N
G A N
Buat Amel
(1)
di tempat
Assalamualaikum wr.wb. ( 2)
Mengharap dengan
hormat atas kehadiran teman-teman besok pada :
Hari :
Minggu
|
Waktu :
pukul 19.00
Tempat :
rumah Onisa
Acara : membahas pelaksanaan ulang tahun sekolah
Diharapkan kehadiran teman-teman tepat waktu.
Terima kasih.
Wassalamualaikum wr.wb. ( 4)
Temanmu,
Onisa (5)
4. Tulislah
bagian bagian dari surat undangan diatas sesuai dengan nomer! (nilai 5)
MAPEL :BAHASA
INDONESIA
|
MATERI : Pendidikan
|
KELAS/ SMT :5/I
HARI/TGL : …………,
ULANGAN KE :3
|
STANDAR
KOMP : Mendengarkan Memahami penjelasan narasumber dan cerita rakyat
secara lisan
Berbicara Mengungkapkan
pikiran, pendapat, perasaan, fakta secara lisan dengan menanggapi suatu
persoalan, menceritakan hasil pengamatan, atau
berwawancara
Membaca Memahami teks dengan
membaca teks percakapan, membaca cepat 75 kata/menit, dan membaca puisi
Menulis Mengungkapkan pikiran,
perasaan, informasi, dan pengalaman secara tertulis dalam bentuk karangan, surat undangan, dan dialog tertulis
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator/Tujuan
Pembelajaran
|
1.1 Menanggapi penjelasan narasumber (petani, pedagang, nelayan,
karyawan dll) dengan memperhatikan santun berbahasa.
2.3. Berwawancara sederhana dengan narasumber (petani, pedagang,
nelayan, karyawan, dll) dengan memperhatikan pilihan kata dan santun
berbahasa
3.3. Membaca puisi dengan lafal dan intonasi yang tepat
4.3. Menulis dialog sederhana antara dua atau tiga tokoh dengan
memperhatikan isi serta perannya
|
-
Mengajukan
pertanyaan sesuai dengan pokok-pokok pembicaraan
-
Menanggapi
isi Menggunakan kata tanya dalam konteks kalimat
- Menuliskan daftar pertanyaan untuk wawancara sesuai dengan topik serta
menggunakan kalimat tanya yang benar
- Menulis kalimat wawancara dengan benar
- Melakukan kegiatan wawancara berdasarkan dengan menggunakan pilihan
kata yang tepat dengan struktur berbahasa
-
Menggunakan
ekspresi yang tepat (sedih, haru, gembira dan lain-lain)
- Mengidentifikasi ciri-ciri puisi.
- Mengidentifikasi ciri-ciri teks dialog
- Menggunakan tanda titik dua (:) dalam menuliskan teks dialog dengan
memperhatikan isi serta peranannya
|
I. Marilah
menyilang (X) huruf a, b, c, atau d pada jawaban yang tepat!
1. Pada hari
Minggu Pak Danu tidak dapat ikut kerja bakti membersihkan lingkungan karena sakit. Saran yang tepat
diberikan atas peristiwa tersebut adalah . . .
a.
Pak Danu sebaiknya didenda.
b.
Besok kalau sudah sembuh, Pak Danu dihukum membersihkan
selokan sendirian.
c.
Sebaiknya keluarga Pak Danu memintakan izin
kepada Ketua RT atau Ketua RW.
d.
Semua orang sudah tahu kalau Pak Danu
sakit-sakitan. Jadi tidak perlu melapor atau minta izin kepada siapa pun.
2. Sejak kapan
Bapak memulai usahaini?”
Kata tanya kapan pada pertanyaan di
atas digunakan untuk menanyakan . . . .
a.
tempat
b.
alasan
c.
waktu
d.
cara
3.
Saat belajar kelompok, kamu berbicara
tentang.....
a.
acara televisi
b.
pelajaran
c.
liburan
d.
bermain
4.
Penulisan nama tokoh dalam percakapan diawali
huruf.....
a.
kecil
b.
sedang
c.
kapital
d.
lebih kecil
5.
Tanda titik dua dalam drama dipakai setelah kata yang
menunjukkan.....
a.
pelaku
b.
kalimat percakapan
c.
kalimat dalam kurung
d.
judul
6.
Sebagai warga negara yang baik, hendaknya
kita ambil bagian dalammelestarikan budaya bangsa.
Kalimat tersebut termasuk jenis kalimat ....
a.
usul
b.
saran
c.
ajakan
d.
paksaan
7.
Rani : “Bagus sekali pemandangan alam di
tempat ini!”
Ekspresi yang tepat dalam pembacaan teks tersebut adalah ....
a.
Terharu
b.
sedih
c.
gembira
8.
Prosa dapat dibedakan menjadi dua macam,
yaitu ....
a.
hikayat dan roman
b.
prosa lama dan baru
c.
prosa panjang dan pendek
d.
roman dan fabel
9.
Penulisan kalimat yang benar adalah ....
a.
Grace : Saya sedih mendengarnya.
b.
Grace : “Saya sedih mendengarnya.”
c.
Grace ; “Saya sedih mendengarnya”.
d.
Grace ; “Saya sedih mendengarnya.”
10. Penulisan
judul cerita yang benar adalah ....
a.
Jangan tebangi hutan negeriku
b.
Jangan Tebangi Hutan Negeriku
c.
JANGAN TEBANGI HUTAN NEGERIKU
d.
Jangan tebangi Hutan negeriku
II. Ayo isi
titik-titik berikut ini dengan benar!
1.
Percakapan dalam sebuah cerita drama disebut
....
2.
Suatu bentuk karangan bebas yang tidak
terikat oleh persyaratan seperti puisi disebut ....
3.
Dalam membaca sebuah puisi harus memerhatikan
... wajah
4.
Sabar tanpa lelah, tiada keluh kesah.
Kau ajari
kami segala hal.
Cuplikan
puisi tersebut bertema ....
5.
Tanda ... digunakan setelah kata yang
menunjukkan pelaku dalampercakapan.
III.
Ayo, jawablah dengan uraian singkat!
Cerita ini untuk no 1-2
Berbelanja
di Koperasi Sekolah
Pagi itu Vera berangkat ke sekolah lebih awal dari biasanya. Ia akan
membelibbpenggaris dan pensil gambar di koperasi sekolah. Putri menyarankan
agar Verabmembeli penggaris dan pensil di toko yang tidak jauh dari rumahnya.
Vera tidak menerima saran yang diberikan Putri karena beberapa alasan, antara
lain: (1) berbelanja di koperasi sekolah turut memajukan sekolah; (2) harga
barang-barang
lebih murah; (3) efektivitas waktu, sekalian berangkat ke sekolah
dapat terpenuhi kebutuhannya.
1.
Coba kamu jelaskan apa yang dimaksud koperasi
sekolah!
2.
Mengapa Vera senang berbelanja kebutuhannya
di sekolah?
3.
Berilah jeda dan huruf kapital pada puisi
berikut ini!
air
air terdapat
di mana-mana
itu terjadi
sejak zaman kuno
ia kawan
setiaku
untuk minum
mandi
jika besar
aku takut
harta
bendaku terangkat
semua ikut
hanyut
4.
Sebut dan jelaskan macam-macam prosa lama!
5.
Berilah 4 contoh kata yang berhubungan dengan
“Pendidikan” dan buatlah kalimatnya.
Comments
Post a Comment