Skip to main content

ulangan harian bahasa indonesia 2-3 kelas 5 sem 1



MAPEL            :BAHASA INDONESIA
MATERI                : Keselamatan
KELAS/ SMT    :5/I
HARI/TGL        : …………,
ULANGAN KE :2
STANDAR KOMP : Mendengarkan Memahami  penjelasan narasumber dan cerita rakyat secara lisan
 Berbicara Mengungkapkan pikiran, pendapat, perasaan, fakta  secara lisan dengan menanggapi suatu persoalan,  menceritakan hasil pengamatan, atau berwawancara 
Membaca  Memahami teks dengan membaca teks percakapan, membaca cepat 75 kata/menit, dan membaca puisi
 Menulis   Mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi, dan pengalaman secara tertulis dalam  bentuk karangan,  surat undangan, dan dialog tertulis
Kompetensi Dasar
Indikator/Tujuan Pembelajaran
1.2.Mengidentifikasi unsur cerita tentang rakyat yang didengarnya
3.2 Menemukan gagasan utama suatu teks yang dibaca dengan kecepatan 75 kata per menit
4.2. Menulis surat undangan (ulang tahun, acara agama, kegiatan sekolah, kenaikan kelas, dll) dengan kalimat efektif dan memperhatikan penggunaan ejaan
-     Mendaftar nama-nama tokoh dalam cerita dan menulis watak tokoh cerita rakyat
-     Mengidentifikasi nama tokoh dalam cerita yang didengar
-     Menulis watak tokoh cerita rakyat yang didengar
-     Membaca teks dengan kecepatan 75 kata/ menit dengan benar
-     Menyebutkan gagasan utama dari teks yang dibaca
-     Menyusun surat undangan ulang tahun, acara agama, kegiatan sekolah sesuai dengan kaidah




A. Pilihan Ganda
Ayo, pilihlah jawaban yang paling tepat!
Kerjakan di buku Ulanganmu!
1.       Tokoh utama cerita rakyat di atas adalah . . . .
      a. si Bungsu                                    c. si Sulung
      b. Ular n’Daung                             d. ibu
2.       Latar cerita dongeng diatas adalah.....
      a.  dIhutan yang angker
      b. dilereng gunung api
      c. di puncak gunung api
      d. di pinggir kawah api
3.       Membaca cepat berarti .... bacaan secara cepat.
a. memahami.
b. mengeja
c. membaca
d. mencatat
4.       Berikiut hal hal yang harus di hindari saat membaca cepat .....
      a. bersuara
      b. mengeja kata
      c. mengulang kata yang salah dibaca
d. mata bergerak kekiri dan kekanan mengikuti tulisan
5.       Berikut ini yang bukan termasuk ke dalam surat undangan ialah ...
a.  undangan syukuran
b. undangan pernikahan
c. undangan ulang tahun
d. undangan rapat wali murid

B. Ayo, isilah titik-titik di bawah ini!
1.       Cerita yang tumbuh dan berkembang di suatu daerah atau masyarakat tertentu di sebut.....
2.       Nilai-nilai luhur yang ingin disampaikan pengarang melalui cerita disebut ....
3.       Jangan kau (pungut) kacang yang telah jatuh di tanah!
 Akhiran yang tepat untuk kata dalam kurung adalah ....
4.        Pengalaman adalah guru terbaik.
Makna kata terbaik dalam kalimat di atas adalah ....
5.        Ide yang menjadi dasar penulisan suatu paragraf di sebut.....
6.        Hutan itu tinggal tersisa tonggak-tonggak kayu yang berwarna hitam. Api kecil masih terlihat mengepulkan asap.
Pernyataan tersebut menyatakan peristiwa ... .
7.       Tempat terjadinya cerita disebut....
8.       Surat undangan arisan dan surat undangan ulang tahun disebut ......
9.        Bahasa yang di pergunakan dalam penulisan surat pribadi ialah bahasa ...
10.     Surat pribadi merupakan surat yang bersifat .....

C. Ayo, jawablah dengan uraian singkat!

1.         Perhatikan paragraf berikut!
Desa Makmur, merupakan desa yang aman dan tenteram. Di Desa Makmur jarang terjadi pencurian. Di Desa Makmur ada Hansip yang bertugas menjaga keamanan lingkungan. Meskipun sudah ada Hansip, semua warga juga turut serta dalam menjaga keamanan lingkungan. Setiap hari, warga melakukan ronda malam secara bergiliran.
a. apa judul yang tepat untuk paragraf di atas ?( nilai 2)
b. mengapa di Desa Makmur jarang  terjadi pencurian? (nilai 2)
c. selain hansip siapakah yang menjaga desa makmur ? (nilai 2 )
2.         Gabungkanlah kalimat-kalimat berikut menjadi kalimat majemuk setara! (Setiap item nilai 2)
a. Luna berteriak histeris
    Adin menangkap sigap kucing kecil itu.
b. Banjir telah mencapai ketinggian setengah meter.
     Orang-orang belum mau mengungsi.
3.       Bacalah undangan berikut dengn teliti
U N D A N G A N
Buat Amel (1)
di tempat
Assalamualaikum wr.wb. ( 2)
Mengharap dengan hormat atas kehadiran teman-teman besok pada :
Hari            : Minggu
3
 
Tanggal     : 13 September 2007
Waktu        : pukul 19.00                                                     
Tempat      : rumah Onisa
Acara         : membahas pelaksanaan ulang tahun sekolah
Diharapkan kehadiran teman-teman tepat waktu. Terima kasih.
Wassalamualaikum wr.wb. ( 4)
Temanmu,
Onisa  (5)

4.   Tulislah bagian bagian dari surat undangan diatas sesuai dengan nomer! (nilai 5)



MAPEL            :BAHASA INDONESIA
MATERI                : Pendidikan
KELAS/ SMT    :5/I
HARI/TGL        : …………,
ULANGAN KE :3
STANDAR KOMP : Mendengarkan Memahami  penjelasan narasumber dan cerita rakyat secara lisan
 Berbicara Mengungkapkan pikiran, pendapat, perasaan, fakta  secara lisan dengan menanggapi suatu persoalan,  menceritakan hasil pengamatan, atau berwawancara 
Membaca  Memahami teks dengan membaca teks percakapan, membaca cepat 75 kata/menit, dan membaca puisi
 Menulis   Mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi, dan pengalaman secara tertulis dalam  bentuk karangan,  surat undangan, dan dialog tertulis
Kompetensi Dasar
Indikator/Tujuan Pembelajaran
1.1 Menanggapi penjelasan narasumber (petani, pedagang, nelayan, karyawan dll) dengan memperhatikan santun berbahasa.
2.3. Berwawancara sederhana dengan narasumber (petani, pedagang, nelayan, karyawan, dll) dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa
3.3. Membaca puisi dengan lafal dan intonasi yang tepat
4.3. Menulis dialog sederhana antara dua atau tiga tokoh dengan memperhatikan isi serta perannya                                                           
-       Mengajukan pertanyaan sesuai dengan pokok-pokok pembicaraan
-       Menanggapi isi Menggunakan kata tanya dalam konteks kalimat
-       Menuliskan daftar pertanyaan untuk wawancara sesuai dengan topik serta menggunakan kalimat tanya yang benar
-       Menulis kalimat wawancara dengan benar
-       Melakukan kegiatan wawancara berdasarkan dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dengan struktur berbahasa
-       Menggunakan ekspresi yang tepat (sedih, haru, gembira dan lain-lain)
-       Mengidentifikasi ciri-ciri puisi.
-       Mengidentifikasi ciri-ciri teks dialog
-       Menggunakan tanda titik dua (:) dalam menuliskan teks dialog dengan memperhatikan isi serta peranannya

I. Marilah menyilang (X) huruf a, b, c, atau d pada jawaban yang tepat!
1.      Pada hari Minggu Pak Danu tidak dapat ikut kerja bakti membersihkan  lingkungan karena sakit. Saran yang tepat diberikan atas peristiwa tersebut adalah . . .
a.         Pak Danu sebaiknya didenda.
b.        Besok kalau sudah sembuh, Pak Danu dihukum membersihkan selokan sendirian.
c.         Sebaiknya keluarga Pak Danu memintakan izin kepada Ketua RT atau Ketua RW.
d.        Semua orang sudah tahu kalau Pak Danu sakit-sakitan. Jadi tidak perlu melapor atau minta izin kepada siapa pun.
2.      Sejak kapan Bapak memulai usahaini?”
Kata tanya kapan pada pertanyaan di atas digunakan untuk menanyakan . . . .
a.         tempat                               
b.         alasan
c.         waktu                                 
d.         cara
3.        Saat belajar kelompok, kamu berbicara tentang.....
a.         acara televisi
b.        pelajaran
c.         liburan
d.        bermain
4.        Penulisan nama tokoh dalam percakapan diawali huruf.....
a.         kecil
b.        sedang
c.         kapital
d.        lebih kecil
5.        Tanda titik dua  dalam drama dipakai setelah kata yang menunjukkan.....
a.         pelaku
b.        kalimat percakapan
c.         kalimat dalam kurung
d.        judul
6.        Sebagai warga negara yang baik, hendaknya kita ambil bagian dalammelestarikan budaya bangsa.
Kalimat tersebut termasuk jenis kalimat ....
a.         usul
b.        saran
c.         ajakan
d.        paksaan
7.        Rani : “Bagus sekali pemandangan alam di tempat ini!”
Ekspresi yang tepat dalam pembacaan teks tersebut adalah ....
a.         Terharu
b.        sedih
c.         gembira
d.        muram
8.        Prosa dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu ....
a.         hikayat dan roman
b.        prosa lama dan baru
c.         prosa panjang dan pendek
d.        roman dan fabel
9.        Penulisan kalimat yang benar adalah ....
a.         Grace : Saya sedih mendengarnya.
b.        Grace : “Saya sedih mendengarnya.”
c.         Grace ; “Saya sedih mendengarnya”.
d.        Grace ; “Saya sedih mendengarnya.”
10.     Penulisan judul cerita yang benar adalah ....
a.         Jangan tebangi hutan negeriku
b.        Jangan Tebangi Hutan Negeriku
c.         JANGAN TEBANGI HUTAN NEGERIKU
d.        Jangan tebangi Hutan negeriku

II. Ayo isi titik-titik berikut ini dengan benar!
1.        Percakapan dalam sebuah cerita drama disebut ....
2.        Suatu bentuk karangan bebas yang tidak terikat oleh persyaratan seperti puisi disebut ....
3.        Dalam membaca sebuah puisi harus memerhatikan ... wajah
4.        Sabar tanpa lelah, tiada keluh kesah.
Kau ajari kami segala hal.
Cuplikan puisi tersebut bertema ....
5.        Tanda ... digunakan setelah kata yang menunjukkan pelaku dalampercakapan.

III.  Ayo, jawablah dengan uraian singkat!
Cerita ini untuk no 1-2
Berbelanja di Koperasi Sekolah
Pagi itu Vera berangkat ke sekolah lebih awal dari biasanya. Ia akan membelibbpenggaris dan pensil gambar di koperasi sekolah. Putri menyarankan agar Verabmembeli penggaris dan pensil di toko yang tidak jauh dari rumahnya. Vera tidak menerima saran yang diberikan Putri karena beberapa alasan, antara lain: (1) berbelanja di koperasi sekolah turut memajukan sekolah; (2) harga barang-barang
lebih murah; (3) efektivitas waktu, sekalian berangkat ke sekolah dapat terpenuhi kebutuhannya.
1.        Coba kamu jelaskan apa yang dimaksud koperasi sekolah!
2.        Mengapa Vera senang berbelanja kebutuhannya di sekolah?

3.        Berilah jeda dan huruf kapital pada puisi berikut ini!
                   air
air terdapat di mana-mana
itu terjadi sejak zaman kuno
ia kawan setiaku
untuk minum mandi
jika besar aku takut
harta bendaku terangkat
semua ikut hanyut
4.        Sebut dan jelaskan macam-macam prosa lama!
5.        Berilah 4 contoh kata yang berhubungan dengan “Pendidikan” dan buatlah kalimatnya.
 

Comments

Popular posts from this blog

Never Give Up | Sia | Zumba Dance On Never Give Up Song | Choreographed ...

bisa dicoba pasti kringetan

bahasa indonesia sem 1 uh 1

MAPEL             :BAHASA INDONESIA MATERI                 : KELAS/ SMT     :5/I HARI/TGL         : …………, ULANGAN KE :1 STANDAR KOMP : Mendengarkan Memahami   penjelasan narasumber dan cerita rakyat secara lisan   Berbicara Mengungkapkan pikiran, pendapat, perasaan, fakta   secara lisan dengan menanggapi suatu persoalan ,   menceritakan hasil pengamatan, atau berwawancara   Membaca   Memahami teks dengan membaca teks percakapan, membaca cepat 75 kata/menit, dan membaca puisi   Menulis    Mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi, dan pengalaman secara tertulis dalam   bentuk karangan,   surat undangan, dan dialog tertulis Kompetensi Dasar Indikator/Tujuan Pembelajaran 1.2        Mengidentifikasi unsur cerita rakyat yang didengarnya 2.1         Menanggapi penjelasan nara sumber (petani,pedagang,nelayan,karyawan dll)   dengan memperhatikan santun berbahasa. 3.1          Membaca teks percakapa

ulangan harian 2 PKN kelas 4 semester 2

Ulangan harian 2 pkn kelas 4 semester 2  bisa dicopy A. Ayo, pilihlah jawaban yang benar. 1.       Berikut ini merupakan lembaga-lembaga negara dari unsur kehakiman, kecuali. . . . a.        MA                       b.       MK                       c.        KY                                     d.       BPK 2.       Lembaga kehakiman yang bertugas mengawasi perilaku hakim disebut .... a.        Mahkamah Agung (MA) b.       Komisi Yudisial (KY) c.        Mahkamah Konstitusi (MK) d.       Kejaksaan Agung (Kejagung) 3.       Tugas Mahkamah Agung adalah .... a.        menangani sengketa kewenangan antarlembaga negara b.       tempat mencari keadilan c.        melaksanakan program pembangunan d.       menuntut pelaku kejahatan ke muka pengadilan 4.       Ketua Mahkamah Agung dipilih oleh .... a.        anggota kabinet b.       anggota DPR c.        anggota MPR d.       anggota Hakim Agung 5.       Berikut merupakan badan peradilan