Skip to main content

bahasa indonesia sem 1 uh 1



MAPEL            :BAHASA INDONESIA
MATERI                :
KELAS/ SMT    :5/I
HARI/TGL        : …………,
ULANGAN KE :1
STANDAR KOMP : Mendengarkan Memahami  penjelasan narasumber dan cerita rakyat secara lisan
 Berbicara Mengungkapkan pikiran, pendapat, perasaan, fakta  secara lisan dengan menanggapi suatu persoalan,  menceritakan hasil pengamatan, atau berwawancara 
Membaca  Memahami teks dengan membaca teks percakapan, membaca cepat 75 kata/menit, dan membaca puisi
 Menulis   Mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi, dan pengalaman secara tertulis dalam  bentuk karangan,  surat undangan, dan dialog tertulis
Kompetensi Dasar
Indikator/Tujuan Pembelajaran
1.2       Mengidentifikasi unsur cerita rakyat yang didengarnya
2.1        Menanggapi penjelasan nara sumber (petani,pedagang,nelayan,karyawan dll)  dengan memperhatikan santun berbahasa.
3.1       Membaca teks percakapan dengan lafal dan intonasi yang tepat.
·   Siswa dapat mendengarkan cerita pendek
·   Siswa dapat mendengarkan penjelasan.
·   Siswa dapat menanggapi pernyataan.
·   Siswa dapat menanggapi penjelasan nara sumber.
·   Siswa dapat membaca teks bacaan secara berpasangan di depan kelas.






I. Marilah menyilang (X) huruf a, b, c, atau d pada jawaban yang tepat!
1. Tanggapan yang tepat atas penjelasan narasumber di atas adalah . . .
a.        Sebaiknya tanaman tidak perlu diairi sehingga tidak terjadi perebutan air.
b.        Oleh karena air sulit didapat, pada musim kemarau petani tidak perlu menanam apa pun.
c.        Pengairan sawah dilakukan secara bergiliran, agar tidak terjadi perebutan air.
d.        Berebut air sudah menjadi tradisi, jadi tidak perlu dipikirkan lagi.
2. Berikut ini harus dilakukan ketika mendengarkan penjelasan dari narasumber, kecuali . . . .
a.        mendengarkan dengan baik
b.        mencatat pokok-pokok pikiran
c.        mencatat setiap kata yang diucapkan narasumber
d.        bertanya jika ada penjelasan yang belum jelas
 
3. Tanggapan yang tepat terhadap permasalahan di atas adalah . . .
a.        Aduh, kamu bodoh sekali! Kamu memang harus belajar ekstrakeras.
b.        Ayo, kita pelajari bersama! Materi itu tidak sulit, kok.
c.        Sudahlah! Tenang saja, materi itu tidak penting!
d.        Seharusnya kamu ikut les privat. Kalau tidak, kamu akan selalu ketinggalan.

4. Judul karangan fiksi yang paling tepat adalah . . . .
a.        Besok Aku Ulang Tahun
b.        Hadiah dari Ibu Peri
c.        Belajar Itu Kewajiban Pelajar
d.        Setiap Anak Wajib Berbakti

5. Kalimat-kalimat berikut ini menyatakan hubungan  urutan waktu, kecuali . . .
a.        Jaka ada di rumah, tetapi adiknya entah ke mana.
b.        Setelah selesai memasak, ibu pergi ke pasar.
c.        Ibu mengambil obat merah kemudian meneteskannya ke kaki adik yang luka.
d.        Sekarang mandilah dulu lalu berganti pakaian yang bagus!



6. Penggunaan kata hubung tetapi yang paling tepat yaitu ....
a.      Andi murid yang pandai tetapi tidak sombong.
b.     Pak Udin orang kaya tetapi mobilnya rusak.
c.      Rini belajar matematika, tetapi Anton belajar sejarah.
d.     Pita murid kelas lima, tetapi rumahnya jauh.
7. Gunakan sabuk pengaman saat mengendarai mobil!  Kalimat tersebut termasuk bentuk kalimat ....
a.        perintah
b.        tanya
c.        langsung
d.        anjuran
8. Dalam menulis karangan berdasarkan gambar, kita harus melakukan langkah berikut, kecuali ....
a.        mengurutkan gambar
b.        memberi nama gambar
c.        menggambar
d.        membuat kalimat berdasarkan gambar
9. Tolong, ada pencuri!
     Kalimat tersebut diucapkan dengan intonasi ....
a.        biasa
b.        tinggi
c.        sedang
d.        rendah
10. Setelah mengadakan rapat, warga setuju untuk mengadakan ronda malam.
      Kalimat langsung yang tepat untuk menggambarkan cuplikan cerita di atas adalah ....
a.        “Kita tidak harus mengadakan ronda malam,” kata Pak Hari.
b.        “Mengapa kita mengadakan ronda malam?” tanya Pak Ibnu.
c.        “Saya setuju kalau diadakan ronda malam,” seru warga.
d.        “Jangan mengadakan ronda malam,” kata Danu.

II. Ayo isi titik-titik berikut ini dengan benar!
1.     Orang yang memberikan informasi disebut juga ....
2.     Ani anak orang kaya.
Ani tidak sombong.
Kata penghubung yang tepat untuk menggabungkan kedua kalimat diatas adalah ....
3.     Daftar pertanyaan disusun ... kegiatan wawancara.
4.     Kegiatan ronda malam dilakukan untuk menjaga ....
5.     Menjaga keamanan lingkungan menjadi tanggung jawab ....
6.     Dalam menyampaikan suatu tanggapan harus disertai dengan ……
7.     Ketepatan ucapan bunyi atau suara disebut ....
8.     Langkah pertama dalam menulis karangan berdasarkan gambar adalah ....
9.     Pencuri membawa senjata tajam sambil mengancam warga yang akan mengahalanginya. Sifat pencuri adalah ....
10.  Ambilkan buku yang ada di atas meja!
        Kalimat di atas termasuk kalimat ....

Comments

Popular posts from this blog

Never Give Up | Sia | Zumba Dance On Never Give Up Song | Choreographed ...

bisa dicoba pasti kringetan

Senam Aerobic Kreasi DANGDUT IWAK PEYEK With OLYMPIA GYM Sukamara

alternatif senam untuk bb lebih 90kg cukup membuat keringat dan membakar kalori.