MAPEL : IPS
KELAS/ SMT : 5/I
HARI/TGL : …,
ULANGAN KE
: 1
|
MATERI : Peninggalan
kerajaan Hindu Budha
Standar Kompetensi : 1. Menghargai berbagai peninggalan dan
tokoh sejarah yang berskala nasional pada masa Hindu-Budha dan Islam,
keragaman kenampakan alam dan suku bangsa, serta kegiatan ekonomi di
Indonesia
|
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR/TUJUAN
PEMBELAJARAN
|
1.1
Mengenal makna peninggalan
–peninggalan sejarah yang berskala nasional pada masa Hindu Budha dan Islam
di Indonesia
|
- Menyusun daftar peninggalan
sejarah yang bercorak Hindu yang ada di Indonesia
- Menceritakan peninggalan
sejarah yang bercorak Hindu, Candi dan tradisi agama di berbagai daerah
Indonesia
- Menceritakan kejayaan Maja Pahit dan Peran
Gajah Mada dalam Upaya Menyatukan Nusantara
|
I.
Pilihlah jawaban yang tepat!
1) Kerajaan Hindu tertua di Indonesia adalah ….
a. Tarumanegara b. Singasari c. Kediri d. Kutai
2) Berikut ini candi peninggalan agama Hindu adalah candi
... .
a. Borobudur b. Kalasan c. Mendut d. Panataran
3) Tiga dewa dalam ajaran Hindu disebut ... .
a. Trisatya b. Tridarma c. Trimurti d. Tripitaka
4) 4. Berikut ini yang merupakan kitab peninggalan Hindu
adalah ... .
a. Sutasoma b. Negarakertagama c. Pararaton d. Baratayuda
5) Prasasti Ciaruteun merupakan peninggalan Kerajaan
Tarumanagara pada masa raja ….
a. Mulawarman b. Adithiawarman c. Purnawarman d. Aswawarman
6) Raja dari Kerajaan Kediri yang terkenal dengan ramalannya
adalah ….
a. Airlangga b.Sarweswara c. Bameswara d. Jayabaya
7) Kerajaan Singasari mencapai kejayaannya ketika diperintah oleh Raja ….
a. Kertanegara b.Ranggawuni c. Tohjaya d. Ken Arok
8) Kerajaan Majapahit terletak di daerah ….
a. Malang b.Blitar
c.
Mojokerto d.
Tulung Agung
9) Raja terbesar dari Kerajaan Majapahit adalah ….
a. Raden Wijaya b.Tribhuwanatunggadewi c.
Brawijaya d.Hayam
Wuruk
10) Sumpah Palapa diikrarkan oleh Mahapatih Majapahit bernama
….
a. Gajah Mada b.Arya
Wiraraja c.Ranggawuni
d. Nala
II.
Isilah titik= titik
dibawah ini dengan jawaban yang benar
11) Pahatan yang terdapat pada dinding candi disebut ...
12) Kerajaan Hindu
tertua di Pulau Jawa adalah Kerajaan ... .
13) Candi peninggalan kerajaan Hindu yang berada di
jawatengah di sebut...
14) Candi
Prambanan disebut juga candi....
15) Candi di kec. Tumpang yang merupakan peninggalan kerajaan Singhasari ialah candi
.... dan candi ......
16) Kerajaan yang pernah menjadi pusat penyebaran agama Hindu
di nusantara adalah ....
17) Yang mendirikan Kerajaan Singhasari ialah .....
18) Raja terakhir dari Kerajaan Kediri yaitu ....
19) Gajah Mada adalah mahapatih dari Kerajaan ....
20) Ramalan Jaya baya merupakan peninggalan kerajaan kediri
yang dikarang oleh raja....
MAPEL : IPS
KELAS/ SMT : 5/I
HARI/TGL : …,
ULANGAN KE
: 1
|
MATERI : Peninggalan
kerajaan Hindu Budha
Standar Kompetensi : 1. Menghargai berbagai peninggalan dan
tokoh sejarah yang berskala nasional pada masa Hindu-Budha dan Islam,
keragaman kenampakan alam dan suku bangsa, serta kegiatan ekonomi di
Indonesia
|
MAPEL : IPS
KELAS/ SMT : 5/I
HARI/TGL : …,
ULANGAN KE
: 1
|
MATERI : Peninggalan
kerajaan Hindu Budha
Standar Kompetensi : 1. Menghargai berbagai peninggalan dan
tokoh sejarah yang berskala nasional pada masa Hindu-Budha dan Islam,
keragaman kenampakan alam dan suku bangsa, serta kegiatan ekonomi di
Indonesia
|
MAPEL : IPS
KELAS/ SMT : 5/I
HARI/TGL : …,
ULANGAN KE
: 6
|
MATERI : Jenis-jenis
usaha dalam bidang ekonomi
Standar Kompetensi : 1. Menghargai berbagai peninggalan dan
tokoh sejarah yang berskala nasional pada masa Hindu-Budha dan Islam,
keragaman kenampakan alam dan suku bangsa, serta kegiatan ekonomi di
Indonesia
|
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR/TUJUAN
PEMBELAJARAN
|
1.5 Mengenal
jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia
|
- Menyebutkan jenis usaha
perekonomian dalam masyarakat
- Memberi contoh yang dikelola
sendiri dan kelompok
- Memberi contoh cara menghargai
kegiatan setiap orang dalam perusahaan
- Memberi contoh kegiatan
produksi, distribusi dan konsumsi di Indonesia
|
I.
Pilihlah
jawaban yang tepat!
1. Negara kita
tanahnya subur dan menghasillkan banyak produk pertanian. Maka Negara kita
disebut Negara ……..
a.
maritime b. agraris c. modern d. tradisional
2. Usaha
meningkatkan hasil pertanian dengan memperbanyak jenis tanaman pada suatu lahan
pertanian disebut…..
a.
Intensifikasi b.
ekstensifikasi c.
diversifikasi d.
rehabilitasi
3. Berikut in
yang merupakan hasil tanaman perkebunan berumur panjang atau tahunan
adalah .
a.
cengkeh ,lada , dan karet c. kedelai, tembakau dan karet
b. jagung ,
tebu, dan tembakau d. jagung, tebu, dan the
4. Hewan-hewan
berikut ini yang termasuk ternak unggas adalah …..
a.
ayam, itik, dan burung c.
kambing , domba dan kelinci
b. sapi, kerbau
, dan kuda d.
ayam, kambing dan domba
5. Penanaman
kembali lahan yang gundul karena penebangan hutan secara sembarangan di sebut.
a.
rehabilitasi b. reboisasi c. reprodukdi d. intensifikasi
6. Segala usaha
untuk mengolah atau memanfatkan Mineral demi kesejahteraaan manusia disebut…..
a.
penggalian b.pengilangan c. pengeboran d. pertambangan
7. Berikut ini yang bukan kegiatan produksi adalah ………..
a.
menanam padi b. bepergian
naik bus c.membuat
meja dan kursi d. memelihara ikan
8. Kegiatan
memakai barang atau jasa disebut kegiatan ….
a.
Konsumsi b. distribusi c. produksi d. pemborosan
9. Kegiatan
mebyalurkan barang-barang kebutuhan dari produsen ke konsumen disebut kegiatan…
a.
konsumsi b. distribusi c. produksi d. perdagangan
10. Berikut ini yang merupakan kegiatn distribusi adalah
…..
a.
Menanam durian b.
Memakai sepatu c. membuat tempe d.
mengangkut hasil pertanian
II.
Isilah titik
dengan jawaban yang tepat!
1. Kegiatan
yang dilakukan untuk mendapatakan uang atau barang guna memenuhi kebutuhan
hidup disebut kegiatan ……
2. Ekstensifikasi
adalah usaha untuk hasil pertanian dengan cara …..
3. Teh, kopi,
cengkeh, lada, karet, dan kelapa sawit termasuk tanaman perkebunan yang berumur
….. atau ….
4. Ayam, itik,
entok, dan burung termasuk ternak jenis………
5. Dilakukan
sebagai usaha sampingan, menggunakan peralatan sederhana, modal kecil, dan
membutuhkan banyak pekerjaan tangan merupakan ciri industri………
6. Orang yang
pekerjaannya mengantar paraa wisatawan mengunjungi dan menjelaskan tentang
objek-objek wisata disebut …..
7. Surat
berharga sebagai tanda keikutsertaan menanamkan modal dalam suatu perusahaan
disebut …….
8. Koperasi
yang menjalankan usaha menyediakan barang-barang kebutuhan sehari-hari adalah
koperasi …..
9. Kegiatan
untuk menghasilakan barang dan jasa adalah kegiatan ….
10. Orang atau
badan usaha yang menjalankan usaha distribusi disebut ……..
MAPEL : IPS
KELAS/ SMT : 5/I
HARI/TGL : …,
ULANGAN KE
: 6
|
MATERI : Jenis-jenis
usaha dalam bidang ekonomi
Standar Kompetensi : 1. Menghargai berbagai peninggalan dan
tokoh sejarah yang berskala nasional pada masa Hindu-Budha dan Islam,
keragaman kenampakan alam dan suku bangsa, serta kegiatan ekonomi di
Indonesia
|
MAPEL : IPS
KELAS/ SMT : 5/I
HARI/TGL : …,
ULANGAN KE
: 6
|
MATERI : Jenis-jenis
usaha dalam bidang ekonomi
Standar Kompetensi : 1. Menghargai berbagai peninggalan dan
tokoh sejarah yang berskala nasional pada masa Hindu-Budha dan Islam,
keragaman kenampakan alam dan suku bangsa, serta kegiatan ekonomi di
Indonesia
|
MAPEL : IPS
KELAS/ SMT : 5/I
HARI/TGL : …,
ULANGAN
KE : 5
|
MATERI : Keanekaragaman
suku bangsa
Standar Kompetensi : 1. Menghargai berbagai peninggalan
dan tokoh sejarah yang berskala nasional pada masa Hindu-Budha dan Islam,
keragaman kenampakan alam dan suku bangsa, serta kegiatan ekonomi di
Indonesia
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR/TUJUAN PEMBELAJARAN
|
1.4 Menghargai keragaman suku dan budaya di Indonesia
|
- Menunjukkan pada peta persebaran daerah
asal suku bangsa di Indonesia
- Mengembangkan sikap menghormati keragaman
suku bangsa
- Mengidentifikasikan keaneka-ragaman budaya
yang terdapat di Indonesia
- Mengembangkan sikap
menghormati budaya di Indonesia
|
I. Berilah tanda
silang (x) pada huruf a, b, c, atau d di depan jawaban yang tepat!
1. Hakikat
wawasan nusantara adalah cara pandang dan sikap ….
a. penmerintah Indonesia c. pemuka masyarakat
b. anggota parlemen d. bangsa Indonesia
2. Berikut ini
adalah manfaat dari wawasn nusantara kecuali ….
a. mempersatukan bangsa c. menangkal budaya luar
b. menangkal setiap ancaman d. mencegah perselisihan
3. Keragaman
budaya di Indonesia antara lain disebabkan oleh ….
a. kemajemukan suku bangsa c. peninggalan penjajah
b. pengaruh dari negara lain d. berdirinya sekolah tari
4. Suku-suku yang
mendiami Pulau Jawa adalah ….
a. Badui, Bima, Banjar dan Osing c. bugis, dayak, samin dan sumba
b. Sunda, Tengger, Betawi, dan Karimun d. Bugis, Banjar, Betawi dan Dayak
5. Bahas daerah dari
Propinsi Jawa Barat adalah ….
a. Betawi c. Sunda
b. Badui d. Jawa
6. Lagu yang
terkenal dari daerah Jawa Tengah adalah ….
a. Bubuy Bulan c. Manuk Dadali
b. Gambang suling d. Tanduk Majeng
7. Tari serimpi
adalah tari aderah yang berasal dari ….
a. Jawa Tengah c. Jawa Timur
b. Jawa Barat d. DKI Jakarta
8. Senjata
tradisional Kujang berasal dari daerah ….
a. Nangro Aceh Darussalam c. Jawa Barat
b. Jawa Timur d. Jawa Tengah
9. Rumah Gadang adalah
rumah adat dari daerah ….
a. Sumatera Selatan c. Kalimantan Barat
b. Sumatera Barat d. Kalimantan Selatan
10. Upacara Ngaben
adalah upacara … di Bali
a. pernikahan c. pembakaran mayat
b. kematian d. menyambut kelahiran
II. Isilah
titik-titik di bawah ini dengan benar!
1.
Kemajemukan suku bangsa dapat
menyebabkan keragaman ….
2.
Akar dari kebudayaan nasional
adalah ….
3.
Keanekaragaman rumah adat dari
berbagai daerah dapat dilihat di obyek wisata ….
4.
Kujang adalah senjata tradisional
dari daerah ….
5.
Rumah Joglo rumah adat dari daerah ….
6.
Wayang golek adalah seni
pertunjukan dari daerah ….
7.
Senjata tradisional rencong
berasal dari daerah ….
8.
Suku bangsa yang berasal dari
pedalaman Kalimantan adalah ….
9.
Menghargai perbedaan kebudayaan
daerah sesuai dengan semboyan Negara, yaitu ….
10.
Keanekaragaman kebudayaan daerah
tercermin dalam sila ke ….
MAPEL : IPS
KELAS/
SMT : 5/I
HARI/TGL : …,
ULANGAN KE : 5
|
MATERI : Keanekaragaman
suku bangsa
Standar Kompetensi : 1. Menghargai berbagai peninggalan
dan tokoh sejarah yang berskala nasional pada masa Hindu-Budha dan Islam,
keragaman kenampakan alam dan suku bangsa, serta kegiatan ekonomi di
Indonesia
|
MAPEL : IPS
KELAS/
SMT : 5/I
HARI/TGL : …,
ULANGAN KE : 5
|
MATERI : Keanekaragaman
suku bangsa
Standar Kompetensi : 1. Menghargai berbagai peninggalan
dan tokoh sejarah yang berskala nasional pada masa Hindu-Budha dan Islam,
keragaman kenampakan alam dan suku bangsa, serta kegiatan ekonomi di
Indonesia
|
MAPEL : IPS
KELAS/ SMT : 5/I
HARI/TGL : …,
ULANGAN KE
: 4
|
MATERI : Kenampakan alam dan buatan
serta pembagian alam di indonesia
Standar Kompetensi : 1. Menghargai berbagai peninggalan dan
tokoh sejarah yang berskala nasional pada masa Hindu-Budha dan Islam,
keragaman kenampakan alam dan suku bangsa, serta kegiatan ekonomi di
Indonesia
|
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR/TUJUAN
PEMBELAJARAN
|
1.3 Mengenal keragaman kenampakan alam dan buatan serta pembagian
wilayah waktu di Indonesia dengan menggunakan peta/atlas/ globe dan media
lainnya
|
- Menggambarkan peta Indonesia dengan
menggunakan simbol
- Mengidentifikasi ciri-ciri kenampakan alam
wilayah Indonesia
- Menunjukkan peta persebaran flora dan fauna
di berbagai wilayah di Indonesia
- Mengidentifikasi ciri dan sifat cuaca/
iklim di wilayah Indonesia
- Menjelaskan perubahan cuaca / iklim dan
dampaknya terhadap aktivitas masyarakat setempat
- Mengidentifikasi kenampakan alam buatan di
Indonesia
- Menjelaskan keuntungan dan
kerugian kenampakan alam buatan (waduk, pelabuhan, kawasan industri)
|
I. Pilihlah jawaban yang paling tepat!
1.
Ada lima pulau besar di
Indonesia. Kelima pulau besar itu, adalah ... .
a.
Sumatra, Bangka, Jawa,
Kalimantan, Sulawesi, dan Bali
b.
Sumatra, Jawa,
Kalimantan, Ambon, Sumba dan Sulawesi
c.
Sumatra, Jawa,
Kalimantan, Sulawesi, dan Papua
d.
Sumatra, Jawa,
Kalimantan, Flores, dan Papua
2.
Gunung tertinggi di
Pulau Jawa, adalah Gunung ... .
a. Tangkuban
Perahu b. Merapi c. Merbabu d. Semeru
3.
Petani tadah hujan mulai
menanam padi pada awal musim ... .
a. kemarau b. semi
c. hujan d. gugur
4.
Sungai berikut ini yang
terdapat di Papua, adalah Sungai ... .
a. Memberamo
b. Asahan c.
Musi d. Mahakam
5.
Angin yang bertiup dari
laut ke darat disebut angin ... .
a. laut
b. pantai c. darat d. malam
6.
Industri yang sangat
tergantung pada cahaya matahari adalah ... .
a. pembuatan garam c. pembuatan barang elektronik
b. pembuatan
pupuk d. pembuatan pakaian
7.
Padang rumput alami yang
baik untuk peternakan umumnya terdapat di daerah ... .
a. Nusa
Tenggara Timur b. Sumatera Selatan c. Jawa Barat d. Papua
8.
Jalan yang menghubungkan
ibukota provinsi disebut jalan ... .
a. negara b.
provinsi c. kabupaten d. Kotamadya
9.
Garis meridian 00
melewati kota ... .
a. London b.
Washington c. Greenwich d. Pontianak
10.
Garis katulistiwa
melewati kota ... .
a. Medan b.
Jakarta c. Pontianak d. Greenwich
II. Isilah
titik-titik di bawah ini dengan benar!
1.
Tiruan bumi dalam bentuk
seperti bola disebut ….
2.
Garis bujur terletak di kota ….
3.
Yang disebut sebagai puspa
pesona Indonesia adalah ….
4.
Keadaan udara pada suatu tempat
dalam waktu singkat disebut ….
5.
Pelabuhan Tanjung
Mas terdapat di ….
6.
Warna biru pada
peta menunjukkan tempat itu adalah ….
7.
Anoa dan komodo
adalah jenis fauna Indonesia bagian ….
8.
Tempat untuk mellindungi hewan
dari kepunahan disebut ….
9.
Letak Indonesia
secara astronomis berdasar garis bujur adalah ….
10. Waktu
Indonesia Barat (WIB) dan Waktu Indonesia Timur (WIT) mempunyai selisih waktu …
jam.
MAPEL : IPS
KELAS/ SMT : 5/I
HARI/TGL : …,
ULANGAN KE
: 4
|
MATERI : Kenampakan alam dan buatan
serta pembagian alam di indonesia
Standar Kompetensi : 1. Menghargai berbagai peninggalan dan
tokoh sejarah yang berskala nasional pada masa Hindu-Budha dan Islam,
keragaman kenampakan alam dan suku bangsa, serta kegiatan ekonomi di
Indonesia
|
MAPEL : IPS
KELAS/ SMT : 5/I
HARI/TGL : …,
ULANGAN KE
: 4
|
MATERI : Kenampakan alam dan buatan
serta pembagian alam di indonesia
Standar Kompetensi : 1. Menghargai berbagai peninggalan dan
tokoh sejarah yang berskala nasional pada masa Hindu-Budha dan Islam,
keragaman kenampakan alam dan suku bangsa, serta kegiatan ekonomi di Indonesia
|
MAPEL : IPS
KELAS/ SMT : 5/I
HARI/TGL : …,
ULANGAN KE
: 2
|
Materi : Peninggalan dan tokoh- tokoh pada masa Kerajaan Islam
Standar kompetensi : 1. Menghargai berbagai peninggalan dan
tokoh sejarah yang berskala nasional pada masa hindu-budha dan islam,
keragaman kenampakan alam dan suku bangsa, serta kegiatan ekonomi di
indonesia
|
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR/TUJUAN
PEMBELAJARAN
|
1.2 Menceritakan
tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha dan Islam di Indonesia
|
- Mengidentifikasi peninggalan sejarah yang
bercorak Islam di Indonesia
- Menceritakan peninggalan Sejarah yang
bercorak Islam (masjid, pesantren dan tradisi agama)
- Menceritakan
tokoh-tokoh kerajaan Islam di berbagai daerah di Indonesia
|
I. Pilihlah jawaban yang tepat!
1)
Sultan Ibrahim adalah pendiri kerajaan ... .
a.
Samudra Pasai
b.
Aceh
c.
Demak
d.
Banten
2)
Pembangunan Masjid Agung Demak dipimpin oleh Sunan ... .
a.
Kalijaga
b.
Ampel
c.
Giri
d.
Kudus
3)
Peninggalan sejarah berikut ini yang becorak Islam adalah ... .
a.
candi
b.
kaligrafi
c.
stupa
d.
patung
4)
Masjid Demak dibangun oleh para wali pada masa pemerintahan ….
a.
Raden Patah
b.
Sultan Trenggono
c.
Adipati Unus
d.
Sultan HadiwijayaPada tahun 1292 penduduk Kota Perlak sudah memeluk agama
Islam.
5)
Hal ini merupakan hasil tulisan perjalanan dari ….
a.
I-Tsing
b.
Marcopolo
c.
Ibnu Batutah
d.
Sakyakirti
6)
Kerajaan Samudera Pasai didirikan oleh ….
a.
Sultan Zainal Abidin
b.
Sultan Malik az Zahir
c.
Sultan Malik al Tahir
d.
Sultan Malik as Saleh
7)
Syekh Maulana Malik Ibrahim adalah nama asli dari ….
a.
Sunan Gresik
b.
Sunan Bonang
c.
Sunan Drajat
d.
Sunan Ampel
8)
Pada tahun 1519 Kerajaan Demak diperintah oleh ….
a.
Raden Patah
b.
Sultan Prawoto
c.
Adipati Unus
d.
Sultan Trenggono
9)
Karya sastra lama bercorak Islam yang berisi cerita pelipur lara
danpembangkit semangat adalah ….
a.
prosa
b.
syair
c.
suluk
d.
hikayat
10)
. Masjid Katangga merupakan peninggalan Islam dari kerajaan ... .
a.
Samudra Pasai
b.
Demak
c.
Cirebon
d.
Gowa
II. Isilah dengan
jawaban yang benar !
1)
Kerajaan Islam tertua di Indonesia
adalah kerajaan ... .
2)
Pusat kegiatan agama Islam di pulau Sumatera dan mendapat jullukan Serambi
Mekah ialah kerajaan .....
3)
Kerajaan Islam pertama di Jawa ialah kerajaan ......
4)
Pangeran Sabrang Lor ialah nama lain dari raja demak yang bernama.......
5)
Kerajaan Banten mencapai puncakkejayaan
pada masa pemerintahan sultan ....
6)
Dua persekutuan dagang di kerajaan ternate – tidore di
sebut................................ dan ..................................
7)
Sembilan ulama yang berjasa menyebarkan agama Islam di PulauJawa dikenal dengan
sebutan ... .
8)
Masjid Baiturrahman di Banda Aceh dibangun pada masa pemerintahan... .
9)
Wali yang menyiarkan agama Islam di desa-desa terpencil, sukamenyendiri,
tinggal di desa, dan bergaul dengan rakyat biasa adalah Sunan ... .
10)
Perayaan Sekaten dilakukan pada saat peringatan ... .
MAPEL : IPS
KELAS/ SMT : 5/I
HARI/TGL : …,
ULANGAN KE
: 2
|
Materi : Peninggalan dan tokoh- tokoh pada masa Kerajaan
Islam
Standar kompetensi : 1. Menghargai berbagai peninggalan dan
tokoh sejarah yang berskala nasional pada masa hindu-budha dan islam,
keragaman kenampakan alam dan suku bangsa, serta kegiatan ekonomi di
indonesia
|
MAPEL : IPS
KELAS/ SMT : 5/I
HARI/TGL : …,
ULANGAN KE
: 2
|
Materi : Peninggalan dan tokoh- tokoh pada masa Kerajaan
Islam
Standar kompetensi : 1. Menghargai berbagai peninggalan dan
tokoh sejarah yang berskala nasional pada masa hindu-budha dan islam,
keragaman kenampakan alam dan suku bangsa, serta kegiatan ekonomi di
indonesia
|
Comments
Post a Comment