Skip to main content

ulangan harian semester 1 kelas 5 2016-2017



 MAPEL              : IPS
KELAS/ SMT    : 5/I
HARI/TGL        : …,     
ULANGAN KE  : 1
MATERI                     : Peninggalan kerajaan Hindu Budha
Standar Kompetensi                 :               1.            Menghargai berbagai peninggalan dan tokoh sejarah yang berskala nasional pada masa Hindu-Budha dan Islam, keragaman kenampakan alam dan suku bangsa, serta kegiatan ekonomi di Indonesia
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR/TUJUAN PEMBELAJARAN
1.1 Mengenal  makna peninggalan –peninggalan sejarah yang berskala nasional pada masa Hindu Budha dan Islam di Indonesia
-  Menyusun daftar peninggalan sejarah yang bercorak Hindu yang ada di Indonesia
-  Menceritakan peninggalan sejarah yang bercorak Hindu, Candi dan tradisi agama di berbagai daerah Indonesia
-    Menceritakan kejayaan Maja Pahit dan Peran Gajah Mada dalam Upaya Menyatukan Nusantara
I.        Pilihlah jawaban yang tepat!
1)     Kerajaan Hindu tertua di Indonesia adalah ….
a. Tarumanegara                             b. Singasari                         c. Kediri                               d. Kutai
2)     Berikut ini candi peninggalan agama Hindu adalah candi ... .
a. Borobudur                                     b. Kalasan                          c. Mendut                            d. Panataran
3)     Tiga dewa dalam ajaran Hindu disebut ... .
a. Trisatya                                          b. Tridarma                       c. Trimurti                         d. Tripitaka
4)     4. Berikut ini yang merupakan kitab peninggalan Hindu adalah ... .
a. Sutasoma                                       b. Negarakertagama      c. Pararaton                       d. Baratayuda
5)     Prasasti Ciaruteun merupakan peninggalan Kerajaan Tarumanagara pada masa raja ….
a. Mulawarman                                b. Adithiawarman           c. Purnawarman             d. Aswawarman
6)     Raja dari Kerajaan Kediri yang terkenal dengan ramalannya adalah ….
a.       Airlangga                           b.Sarweswara                           c. Bameswara                            d. Jayabaya
7)     Kerajaan Singasari mencapai kejayaannya ketika  diperintah oleh Raja ….
a.       Kertanegara                      b.Ranggawuni                           c. Tohjaya                                    d. Ken Arok
8)     Kerajaan Majapahit terletak di daerah ….
a.       Malang                                b.Blitar                                         c. Mojokerto                               d. Tulung Agung
9)     Raja terbesar dari Kerajaan Majapahit adalah ….
a.       Raden Wijaya                  b.Tribhuwanatunggadewi   c.   Brawijaya                             d.Hayam Wuruk
10) Sumpah Palapa diikrarkan oleh Mahapatih Majapahit bernama ….
a.       Gajah Mada                       b.Arya Wiraraja                        c.Ranggawuni                            d. Nala

II.     Isilah titik= titik dibawah ini dengan jawaban yang benar
11) Pahatan yang terdapat pada dinding candi disebut ...
12)  Kerajaan Hindu tertua di Pulau Jawa adalah Kerajaan ... .
13) Candi peninggalan kerajaan Hindu yang berada di jawatengah di sebut...
14) Candi Prambanan disebut juga candi....
15) Candi di kec. Tumpang yang merupakan  peninggalan kerajaan Singhasari ialah candi .... dan candi ......
16) Kerajaan yang pernah menjadi pusat penyebaran agama Hindu di nusantara adalah ....
17) Yang mendirikan Kerajaan Singhasari ialah .....
18) Raja terakhir dari Kerajaan Kediri yaitu ....
19) Gajah Mada adalah mahapatih dari Kerajaan ....
20) Ramalan Jaya baya merupakan peninggalan kerajaan kediri yang dikarang oleh raja....

MAPEL              : IPS
KELAS/ SMT    : 5/I
HARI/TGL        : …,     
ULANGAN KE  : 1
MATERI                     : Peninggalan kerajaan Hindu Budha
Standar Kompetensi                 :               1.            Menghargai berbagai peninggalan dan tokoh sejarah yang berskala nasional pada masa Hindu-Budha dan Islam, keragaman kenampakan alam dan suku bangsa, serta kegiatan ekonomi di Indonesia

MAPEL              : IPS
KELAS/ SMT    : 5/I
HARI/TGL        : …,     
ULANGAN KE  : 1
MATERI                     : Peninggalan kerajaan Hindu Budha
Standar Kompetensi                 :               1.            Menghargai berbagai peninggalan dan tokoh sejarah yang berskala nasional pada masa Hindu-Budha dan Islam, keragaman kenampakan alam dan suku bangsa, serta kegiatan ekonomi di Indonesia



MAPEL              : IPS
KELAS/ SMT    : 5/I
HARI/TGL        : …,     
ULANGAN KE  : 6
MATERI                     : Jenis-jenis usaha dalam bidang ekonomi
Standar Kompetensi                 :               1.            Menghargai berbagai peninggalan dan tokoh sejarah yang berskala nasional pada masa Hindu-Budha dan Islam, keragaman kenampakan alam dan suku bangsa, serta kegiatan ekonomi di Indonesia
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR/TUJUAN PEMBELAJARAN
1.5 Mengenal jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia
-  Menyebutkan jenis usaha perekonomian dalam masyarakat
-  Memberi contoh yang dikelola sendiri dan kelompok
-  Memberi contoh cara menghargai kegiatan setiap orang dalam perusahaan
-  Memberi contoh kegiatan produksi, distribusi dan konsumsi di Indonesia
I.        Pilihlah jawaban yang tepat!
1.       Negara kita tanahnya subur dan menghasillkan banyak produk pertanian. Maka Negara kita disebut Negara ……..
a.        maritime                               b. agraris                                     c. modern                                          d. tradisional
2.       Usaha meningkatkan hasil pertanian dengan memperbanyak jenis tanaman pada suatu lahan pertanian disebut…..
a.        Intensifikasi                         b. ekstensifikasi                        c. diversifikasi                                d.  rehabilitasi
3.       Berikut in yang merupakan hasil tanaman perkebunan berumur panjang atau tahunan adalah  .
a.        cengkeh ,lada , dan karet                                           c.  kedelai, tembakau dan karet
b.       jagung , tebu, dan tembakau                                      d.  jagung, tebu, dan the
4.       Hewan-hewan berikut ini yang termasuk ternak unggas adalah …..
a.        ayam, itik, dan burung                                                               c. kambing , domba dan kelinci
b.       sapi, kerbau , dan kuda                                              d. ayam, kambing dan domba
5.       Penanaman kembali lahan yang gundul karena penebangan hutan secara sembarangan di sebut.
a.        rehabilitasi                           b. reboisasi                                c. reprodukdi                                    d. intensifikasi
6.       Segala usaha untuk mengolah atau memanfatkan Mineral demi kesejahteraaan manusia disebut…..
a.        penggalian                             b.pengilangan                            c. pengeboran                                   d. pertambangan
7.       Berikut  ini yang bukan  kegiatan produksi adalah ………..
a.        menanam padi                     b. bepergian naik bus               c.membuat meja dan kursi      d. memelihara ikan
8.       Kegiatan memakai barang atau jasa disebut kegiatan ….
a.        Konsumsi                              b. distribusi                               c. produksi                                        d. pemborosan
9.       Kegiatan mebyalurkan barang-barang kebutuhan dari produsen ke konsumen disebut kegiatan…
a.        konsumsi                              b. distribusi                               c. produksi                                        d. perdagangan
10.    Berikut  ini yang merupakan kegiatn distribusi adalah …..
a.        Menanam durian                  b.  Memakai sepatu                  c. membuat tempe                d. mengangkut hasil pertanian
II.         Isilah titik dengan jawaban yang tepat!
1.       Kegiatan yang dilakukan untuk mendapatakan uang atau barang guna memenuhi kebutuhan hidup disebut kegiatan ……
2.       Ekstensifikasi adalah usaha untuk hasil pertanian dengan cara …..
3.       Teh, kopi, cengkeh, lada, karet, dan kelapa sawit termasuk tanaman perkebunan yang berumur ….. atau ….
4.       Ayam, itik, entok, dan burung termasuk ternak jenis………
5.       Dilakukan sebagai usaha sampingan, menggunakan peralatan sederhana, modal kecil, dan membutuhkan banyak pekerjaan tangan merupakan ciri industri………
6.       Orang yang pekerjaannya mengantar paraa wisatawan mengunjungi dan menjelaskan tentang objek-objek wisata disebut …..
7.       Surat berharga sebagai tanda keikutsertaan menanamkan modal dalam suatu perusahaan disebut …….
8.       Koperasi yang menjalankan usaha menyediakan barang-barang kebutuhan sehari-hari adalah koperasi …..
9.       Kegiatan untuk menghasilakan barang dan jasa adalah kegiatan ….
10.    Orang atau badan usaha yang menjalankan usaha distribusi disebut ……..
MAPEL              : IPS
KELAS/ SMT    : 5/I
HARI/TGL        : …,     
ULANGAN KE  : 6
MATERI                     : Jenis-jenis usaha dalam bidang ekonomi
Standar Kompetensi                 :               1.            Menghargai berbagai peninggalan dan tokoh sejarah yang berskala nasional pada masa Hindu-Budha dan Islam, keragaman kenampakan alam dan suku bangsa, serta kegiatan ekonomi di Indonesia
MAPEL              : IPS
KELAS/ SMT    : 5/I
HARI/TGL        : …,     
ULANGAN KE  : 6
MATERI                     : Jenis-jenis usaha dalam bidang ekonomi
Standar Kompetensi                 :               1.            Menghargai berbagai peninggalan dan tokoh sejarah yang berskala nasional pada masa Hindu-Budha dan Islam, keragaman kenampakan alam dan suku bangsa, serta kegiatan ekonomi di Indonesia


MAPEL              : IPS
KELAS/ SMT    : 5/I
HARI/TGL        : …,     
ULANGAN KE  : 5
MATERI                     : Keanekaragaman suku bangsa
Standar Kompetensi       :               1.             Menghargai berbagai peninggalan dan tokoh sejarah yang berskala nasional pada masa Hindu-Budha dan Islam, keragaman kenampakan alam dan suku bangsa, serta kegiatan ekonomi di Indonesia
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR/TUJUAN PEMBELAJARAN
1.4 Menghargai keragaman suku dan budaya di Indonesia
-   Menunjukkan pada peta persebaran daerah asal suku bangsa di Indonesia
-   Mengembangkan sikap menghormati keragaman suku bangsa
-   Mengidentifikasikan keaneka-ragaman budaya yang terdapat di Indonesia
-    Mengembangkan sikap menghormati budaya di Indonesia
I.              Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c, atau d di depan jawaban yang tepat!
1.             Hakikat wawasan nusantara adalah cara pandang dan sikap ….
                a.             penmerintah Indonesia                                                                      c.   pemuka masyarakat
                b.             anggota parlemen                                                                                d.   bangsa Indonesia
2.             Berikut ini adalah manfaat dari wawasn nusantara kecuali ….
                a.             mempersatukan bangsa                                                                     c.   menangkal budaya luar
                b.             menangkal setiap ancaman                                                               d.   mencegah perselisihan
3.             Keragaman budaya di Indonesia antara lain disebabkan oleh ….
                a.             kemajemukan suku bangsa                                                               c.   peninggalan penjajah
                b.             pengaruh dari negara lain                                                  d.   berdirinya sekolah tari
4.             Suku-suku yang mendiami Pulau Jawa adalah ….
                a.             Badui, Bima, Banjar dan Osing                                                         c.   bugis, dayak, samin dan sumba
                b.             Sunda, Tengger, Betawi, dan Karimun                                            d.   Bugis, Banjar, Betawi dan Dayak
5.             Bahas daerah dari Propinsi Jawa Barat adalah ….
                a.             Betawi                                                                                                   c.   Sunda
                b.             Badui                                                                                                     d.   Jawa
6.             Lagu yang terkenal dari daerah Jawa Tengah adalah ….
                a.             Bubuy Bulan                                                                                        c.   Manuk Dadali
                b.             Gambang suling                                                                                   d.   Tanduk Majeng
7.             Tari serimpi adalah tari aderah yang berasal dari ….
                a.             Jawa Tengah                                                                                         c.   Jawa Timur
                b.             Jawa Barat                                                                                             d.   DKI Jakarta
8.             Senjata tradisional Kujang berasal dari daerah ….
                a.             Nangro Aceh Darussalam                                                                  c.   Jawa Barat
                b.             Jawa Timur                                                                                           d.   Jawa Tengah
9.             Rumah Gadang adalah rumah adat dari daerah ….
                a.             Sumatera Selatan                                                                 c.   Kalimantan Barat
                b.             Sumatera Barat                                                                                    d.   Kalimantan Selatan
10.          Upacara Ngaben adalah upacara … di Bali
                a.             pernikahan                                                                                           c.   pembakaran mayat
                b.             kematian                                                                                               d.   menyambut kelahiran
II.            Isilah titik-titik di bawah ini dengan benar!
1.                   Kemajemukan suku bangsa dapat menyebabkan keragaman ….
2.                   Akar dari kebudayaan nasional adalah ….
3.                   Keanekaragaman rumah adat dari berbagai daerah dapat dilihat di obyek wisata ….
4.                   Kujang adalah senjata tradisional dari daerah ….
5.                   Rumah Joglo  rumah adat dari daerah ….
6.                   Wayang golek adalah seni pertunjukan dari daerah ….
7.                   Senjata tradisional rencong berasal dari daerah ….
8.                   Suku bangsa yang berasal dari pedalaman Kalimantan adalah ….
9.                   Menghargai perbedaan kebudayaan daerah sesuai dengan semboyan Negara, yaitu ….
10.                Keanekaragaman kebudayaan daerah tercermin dalam sila ke ….

MAPEL              : IPS
KELAS/ SMT    : 5/I
HARI/TGL        : …,     
ULANGAN KE  : 5
MATERI                     : Keanekaragaman suku bangsa
Standar Kompetensi       :               1.             Menghargai berbagai peninggalan dan tokoh sejarah yang berskala nasional pada masa Hindu-Budha dan Islam, keragaman kenampakan alam dan suku bangsa, serta kegiatan ekonomi di Indonesia
MAPEL              : IPS
KELAS/ SMT    : 5/I
HARI/TGL        : …,     
ULANGAN KE  : 5
MATERI                     : Keanekaragaman suku bangsa
Standar Kompetensi       :               1.             Menghargai berbagai peninggalan dan tokoh sejarah yang berskala nasional pada masa Hindu-Budha dan Islam, keragaman kenampakan alam dan suku bangsa, serta kegiatan ekonomi di Indonesia
MAPEL              : IPS
KELAS/ SMT    : 5/I
HARI/TGL        : …,     
ULANGAN KE  : 4
MATERI                     : Kenampakan alam dan buatan serta pembagian alam di indonesia
Standar Kompetensi                 :               1.            Menghargai berbagai peninggalan dan tokoh sejarah yang berskala nasional pada masa Hindu-Budha dan Islam, keragaman kenampakan alam dan suku bangsa, serta kegiatan ekonomi di Indonesia
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR/TUJUAN PEMBELAJARAN
1.3 Mengenal keragaman kenampakan alam dan buatan serta pembagian wilayah waktu di Indonesia dengan menggunakan peta/atlas/ globe dan media lainnya
-   Menggambarkan peta Indonesia dengan menggunakan simbol
-   Mengidentifikasi ciri-ciri kenampakan alam wilayah Indonesia
-   Menunjukkan peta persebaran flora dan fauna di berbagai wilayah di Indonesia
-   Mengidentifikasi ciri dan sifat cuaca/ iklim di wilayah Indonesia
-   Menjelaskan perubahan cuaca / iklim dan dampaknya terhadap aktivitas masyarakat setempat
-   Mengidentifikasi kenampakan alam buatan di Indonesia
-    Menjelaskan keuntungan dan kerugian kenampakan alam buatan (waduk, pelabuhan, kawasan industri)
I. Pilihlah jawaban yang paling tepat!
1.              Ada lima pulau besar di Indonesia. Kelima pulau besar itu, adalah ... .
a.               Sumatra, Bangka, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, dan Bali
b.              Sumatra, Jawa, Kalimantan, Ambon, Sumba dan Sulawesi
c.               Sumatra, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua
d.              Sumatra, Jawa, Kalimantan, Flores, dan Papua
2.              Gunung tertinggi di Pulau Jawa, adalah Gunung ... .
a.      Tangkuban Perahu                        b.     Merapi                          c.     Merbabu                       d.      Semeru
3.              Petani tadah hujan mulai menanam padi pada awal musim ... .
a.      kemarau                                          b.     semi                               c.      hujan                             d.      gugur
4.              Sungai berikut ini yang terdapat di Papua, adalah Sungai ... .
a.     Memberamo                                    b.      Asahan                         c.      Musi                              d.     Mahakam
5.              Angin yang bertiup dari laut ke darat disebut angin ... .
a.     laut                                                    b.     pantai                            c.      darat                              d.      malam
6.              Industri yang sangat tergantung pada cahaya matahari adalah ... .
a.      pembuatan garam                          c.        pembuatan barang elektronik
b.     pembuatan pupuk                          d.        pembuatan pakaian
7.              Padang rumput alami yang baik untuk peternakan umumnya terdapat di daerah ... .
a.     Nusa Tenggara Timur                    b.       Sumatera Selatan        c.         Jawa Barat                d.       Papua
8.              Jalan yang menghubungkan ibukota provinsi disebut jalan ... .
a.      negara                                              b.      provinsi                       c.      kabupaten                    d.       Kotamadya
9.              Garis meridian 00 melewati kota ... .
a.      London                                            b.       Washington                c.       Greenwich                  d.       Pontianak
10.           Garis katulistiwa melewati kota ... .  
a.      Medan                                              b.       Jakarta                         c.       Pontianak                    d.       Greenwich
II.     Isilah titik-titik di bawah ini dengan benar!
1.       Tiruan bumi dalam bentuk seperti bola disebut ….
2.       Garis bujur  terletak di kota ….
3.       Yang disebut sebagai puspa pesona Indonesia adalah ….
4.       Keadaan udara pada suatu tempat dalam waktu singkat disebut ….
5.       Pelabuhan Tanjung Mas terdapat di ….
6.       Warna biru pada peta menunjukkan tempat itu adalah ….
7.       Anoa dan komodo adalah jenis fauna Indonesia bagian ….
8.       Tempat untuk mellindungi hewan dari kepunahan disebut ….
9.       Letak Indonesia secara astronomis berdasar garis bujur adalah ….
10.    Waktu Indonesia Barat (WIB) dan Waktu Indonesia Timur (WIT) mempunyai selisih waktu … jam.
MAPEL              : IPS
KELAS/ SMT    : 5/I
HARI/TGL        : …,     
ULANGAN KE  : 4
MATERI                     : Kenampakan alam dan buatan serta pembagian alam di indonesia
Standar Kompetensi                 :               1.            Menghargai berbagai peninggalan dan tokoh sejarah yang berskala nasional pada masa Hindu-Budha dan Islam, keragaman kenampakan alam dan suku bangsa, serta kegiatan ekonomi di Indonesia
MAPEL              : IPS
KELAS/ SMT    : 5/I
HARI/TGL        : …,     
ULANGAN KE  : 4
MATERI                     : Kenampakan alam dan buatan serta pembagian alam di indonesia
Standar Kompetensi                 :               1.            Menghargai berbagai peninggalan dan tokoh sejarah yang berskala nasional pada masa Hindu-Budha dan Islam, keragaman kenampakan alam dan suku bangsa, serta kegiatan ekonomi di Indonesia

MAPEL              : IPS
KELAS/ SMT    : 5/I
HARI/TGL        : …,     
ULANGAN KE  : 2
Materi                     :  Peninggalan dan tokoh- tokoh pada masa Kerajaan Islam
Standar kompetensi                 :               1.            Menghargai berbagai peninggalan dan tokoh sejarah yang berskala nasional pada masa hindu-budha dan islam, keragaman kenampakan alam dan suku bangsa, serta kegiatan ekonomi di indonesia
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR/TUJUAN PEMBELAJARAN
1.2          Menceritakan tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha dan Islam di Indonesia
-   Mengidentifikasi peninggalan sejarah yang bercorak Islam di Indonesia
-   Menceritakan peninggalan Sejarah yang bercorak Islam (masjid, pesantren dan tradisi agama)
-    Menceritakan tokoh-tokoh kerajaan Islam di berbagai daerah di Indonesia

I. Pilihlah jawaban yang tepat!
1)      Sultan Ibrahim adalah pendiri kerajaan ... .
a.        Samudra Pasai
b.        Aceh
c.        Demak
d.       Banten
2)      Pembangunan Masjid Agung Demak dipimpin oleh Sunan ... .
a.        Kalijaga
b.       Ampel
c.        Giri
d.       Kudus
3)      Peninggalan sejarah berikut ini yang becorak Islam adalah ... .
a.        candi
b.        kaligrafi
c.        stupa
d.       patung
4)      Masjid Demak dibangun oleh para wali pada masa pemerintahan ….
a.        Raden Patah
b.       Sultan Trenggono
c.        Adipati Unus
d.       Sultan HadiwijayaPada tahun 1292 penduduk Kota Perlak sudah memeluk agama Islam.
5)      Hal ini merupakan hasil tulisan perjalanan dari ….
a.        I-Tsing
b.       Marcopolo
c.        Ibnu Batutah
d.       Sakyakirti
6)      Kerajaan Samudera Pasai didirikan oleh ….
a.        Sultan Zainal Abidin
b.       Sultan Malik az Zahir
c.        Sultan Malik al Tahir
d.       Sultan Malik as Saleh
7)      Syekh Maulana Malik Ibrahim adalah nama asli dari ….
a.        Sunan Gresik
b.       Sunan Bonang
c.        Sunan Drajat
d.       Sunan Ampel
8)      Pada tahun 1519 Kerajaan Demak diperintah oleh ….
a.        Raden Patah
b.       Sultan Prawoto
c.        Adipati Unus
d.       Sultan Trenggono
9)      Karya sastra lama bercorak Islam yang berisi cerita pelipur lara danpembangkit semangat adalah ….
a.        prosa
b.       syair
c.        suluk
d.       hikayat
10)   . Masjid Katangga merupakan peninggalan Islam dari kerajaan ... .
a.        Samudra Pasai
b.       Demak
c.        Cirebon
d.       Gowa
II. Isilah dengan jawaban yang benar !
1)       Kerajaan Islam tertua di Indonesia adalah kerajaan ... .
2)      Pusat kegiatan agama Islam di pulau Sumatera dan mendapat jullukan Serambi Mekah ialah kerajaan .....
3)      Kerajaan Islam pertama di Jawa ialah kerajaan ......
4)      Pangeran Sabrang Lor ialah nama lain dari raja demak yang bernama.......
5)      Kerajaan Banten mencapai puncakkejayaan pada masa pemerintahan sultan ....
6)      Dua persekutuan dagang di kerajaan ternate – tidore di sebut................................ dan ..................................
7)      Sembilan ulama yang berjasa menyebarkan agama Islam di PulauJawa dikenal dengan sebutan ... .
8)      Masjid Baiturrahman di Banda Aceh dibangun pada masa pemerintahan... .
9)      Wali yang menyiarkan agama Islam di desa-desa terpencil, sukamenyendiri, tinggal di desa, dan bergaul dengan rakyat biasa adalah Sunan ... .
10)   Perayaan Sekaten dilakukan pada saat peringatan ... .



MAPEL              : IPS
KELAS/ SMT    : 5/I
HARI/TGL        : …,     
ULANGAN KE  : 2
Materi                     :  Peninggalan dan tokoh- tokoh pada masa Kerajaan Islam
Standar kompetensi                 :               1.            Menghargai berbagai peninggalan dan tokoh sejarah yang berskala nasional pada masa hindu-budha dan islam, keragaman kenampakan alam dan suku bangsa, serta kegiatan ekonomi di indonesia

MAPEL              : IPS
KELAS/ SMT    : 5/I
HARI/TGL        : …,     
ULANGAN KE  : 2
Materi                     :  Peninggalan dan tokoh- tokoh pada masa Kerajaan Islam
Standar kompetensi                 :               1.            Menghargai berbagai peninggalan dan tokoh sejarah yang berskala nasional pada masa hindu-budha dan islam, keragaman kenampakan alam dan suku bangsa, serta kegiatan ekonomi di indonesia

Comments

Popular posts from this blog

Never Give Up | Sia | Zumba Dance On Never Give Up Song | Choreographed ...

bisa dicoba pasti kringetan

ulangan harian 2 PKN kelas 4 semester 2

Ulangan harian 2 pkn kelas 4 semester 2  bisa dicopy A. Ayo, pilihlah jawaban yang benar. 1.       Berikut ini merupakan lembaga-lembaga negara dari unsur kehakiman, kecuali. . . . a.        MA                       b.       MK                       c.        KY                                     d.       BPK 2.       Lembaga kehakiman yang bertugas mengawasi perilaku hakim disebut .... a.        Mahkamah Agung (MA) b.       Komisi Yudisial (KY) c.        Mahkamah Konstitusi (MK) d.       Kejaksaan Agung (Kejagung) 3.       Tugas Mahkamah Agung adalah .... a.        menangani sengketa kewenangan antarlembaga negara b.       tempat mencari keadilan c.        melaksanakan program pembangunan d.       menuntut pelaku kejahatan ke muka pengadilan 4.       Ketua Mahkamah Agung dipilih oleh .... a.        anggota kabinet b.       anggota DPR c.        anggota MPR d.       anggota Hakim Agung 5.       Berikut merupakan badan peradilan

Senam Aerobic Kreasi DANGDUT IWAK PEYEK With OLYMPIA GYM Sukamara

alternatif senam untuk bb lebih 90kg cukup membuat keringat dan membakar kalori.